Artikel buat rekan-rekan tani dan peternak

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Sendiri - Sesi 2

Pengenalan Bahan Baku Pakan Ternak



Klasifikasi Bahan Baku Pakan Ternak


kualitas suatu bahan pakan ternak sangat ditentukan oleh komposisi kimia dan kandungan nutrein bahan tersebut. Secara internasional suatu bahan diklasifikasikan menjadi setidaknya delapan tingkat kelas bahan yang dibedakan berdasarkan sifat karakteristik kimia dan fisiknya sebagai berikut:

  1. Tanaman Hijau Kering dan Jerami Padi

    pada kelas ini  mencakup semua tanaman hijau dan jerami yang dipotong, juga termasuk bahan lain yang mengandung serat kasar hingga 18% atau dinding sel melebihi 35%. Dan termasuk dalam kelas ini adalah Jerami padi dan Tanaman hijauan kering.
  2. Tanaman Hijau Segar, Pastura dan Tanaman Padangan

    Kelas ini mencakup semua bahan baku tanaman hijauan segar yang diberikan dalam keadaan segar baik dipotong ataupun tidak.Termasuk disini adalah: rumput, kacang-kacangan dan rambanan.
  3. Silase (suatu pakan berkadar air tinggi)

    Kelas ini mencakup silase hijauan ( rumput, tanaman jagung), namun silase ikan , biji-bijian dan umbi tidak termasuk didalamnya.
  4. Sumber Energi

    Bahan paka ternak yang mengandung serat kasar kurang dari 18% atau dinding sel kurang dari 35% serta kandungan protein kurang dari 20%. Juga masuk dalam kelas ini adalah bijian dan hasil samping dari penggilingan.
  5. Sumber Protein

    Bahan pakan ternak dengan kandungan serat kasar kurang dari 18% atau dinding sel kurang dari 35% serta memiliki kandungan protein 20% atau lebih. Misalnya: bahan pakan yang berasal dari hewan dan ikan, bungkil serta bijian tanaman kacang-kacangan.
  6. Sumber Mineral

  7. Sumber Vitamin

  8. Sumber Aditif

Bersambung ke cara Membuat Pakan Ternak Sapi Sendiri - Sesi 3 - contoh beberapa bahan yang sering dipakai dalam pembuatan pakan konsentrat.....
0 Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Sendiri - Sesi 2"

Back To Top