Artikel buat rekan-rekan tani dan peternak

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Sendiri - Sesi 4

Masih melanjutkan dari sesi 3 tentang pembuatan pakan ternak, kali ini memasik sesi ke 4 yang akan membahas tentang bahan-bahan pakan sebagai sumber protein.

Bahan Pakan Sumber Protein untuk Ternak



Bungkil Kedelai

Tepung kedelai merupakan hasil samping pembuatan minyak kedelai.


Bungkil Kacang Tanah

Bungkil kacang tanah merupakan hasil lain dari sisa pembuatan minyak nabati dari bahan kacang tanah, sepertihalnya bungkil kedelai.



Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa berasal dari limbah pembuatan minyak kelapa, yang berasal dari kopra atau daging kelapa yang sudah dikeringkan hingga kadar airnya kurang lebih tinggal 5%.



Bungkil Kelapa Sawit

Bungkil kelapa sawit atau disebut juga bungkil inti kelapa sawit, jadi kelapa sawit menghasilkan 2 macam minyak, yaitu minyak yang berasal dari sabut kelapa sawit dan yang kedua minyak yang berasal dari daging atau inti kelapa sawit.



Bungkil Biji Kapuk




Bungkil Biji Kapas




Tepung Daun Turi

Tepung daun turi berasal dari daunturi yang di olah menjadi tepung.



Tepung Daun Ubi Kayu

Sama halnya tepung ubi kayu berasal dari pengolahan daun ubi kayu yang diolah menjadi tepung.




Tepung Daun Lamtoro

Sama halnya dengan tepung daun turi dan juga tepung daun ubi kayu, tepung daun lamtoro dadalah tepung yang berasal dari daun lamtoro yang telah diolah menjadi tepung dengan cara daun yang terlebih dahulu dikeringkan kemudian daun yang telah kerng lalu digiling atau ditumbuk secara manual.



Tepung Ikan

Tepung ikan berasal dari hasil sisa pembuatan minyak ikan, atau dari sisa produksi ikan laut maupun ikan air tawar dari bagian ikan yang sudah tidak lagi dijual.


Tepung Daging Tulang

Tepung daging berasal dari bagian daging afkir yang sudah tidak dijual dan tidak dikonsumsi manusai, yang berasal dari sisa produksi rumah penjagalan hewan.

Nantikan kelanjutan materi ini pada sesi ke 4, tentang Bahan pakan sumber mineral... Terimakasih telah berkunjung.

0 Komentar untuk " Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Sendiri - Sesi 4"

Back To Top